Informasi dini tentang kondisi dan prospek perekonomian terkini sangat diperlukan oleh berbagai pihak baik pemerintah, dunia usaha, maupun rumah tangga. Pemerintah memerlukan informasi tersebut di antaranya untuk perencanaan, sedangkan untuk kalangan dunia usaha, informasi ini berguna untuk keperluan investasi, ekspansi pasar, ataupun penentuan harga produk. Sementara untuk kalangan rumah tangga, informasi ini akan berguna bagi mereka yang akan melakukan portofolio investasi. Prediksi dari prospek perekonomian dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam instrumen analisis, di antaranya adalah Indeks Tendensi Bisnis (ITB) dan Indeks Tendensi Konsumen (ITK). ITB memberikan gambaran kondisi perekonomian pada triwulan berjalan dan satu triwulan kedepan menurut persepsi pengusaha. Sementara ITK memberikan gambaran kondisi perekonomian pada triwulan berjalan dan satu triwulan kedepan menurut persepsi konsumen (rumah tangga).
1. Indeks Tendensi Bisnis (ITB) Indeks Tendensi Bisnis (ITB) adalah indikator yang memberikan informasi mengenai kondisi bisnis dan perekonomian dalam jangka pendek (triwulanan), yang diperoleh melalui Survei Tendensi Bisnis (STB). Informasi yang dikumpulkan pada STB adalah perkembangan bisnis secara umum dalam tiga bulan berjalan dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya dan prospeknya untuk tiga bulan mendatang. ITB terdiri dari dua jenis indeks yaitu Indeks Indikator Kini (Current Indicator Index) dan Indeks Indikator Mendatang (Future Indicator Index), dan masing-masing indeks merupakan komposit dari beberapa variabel penyusun indeks. Indeks Indikator Kini merupakan indeks komposit dari beberapa indeks variabel yang dapat mengidentifikasi secara umum tentang kondisi perusahaan dan bisnis pada saat triwulan berjalan (saat survei) dibandingkan periode triwulan sebelumnya. Sedangkan Indeks Indikator Mendatang merupakan indeks komposit dari beberapa indeks variabel yang dapat mengidentifikasi prospek perusahaan dan bisnis pada periode tiga bulan mendatang. ITB Indeks Indikator Kini dan Mendatang disampaikan secara rutin kepada publik bersamaan dengan press release PDB triwulanan dalam bentuk Berita Resmi Statistik (BRS).
2. Indeks Tendensi Konsumen (ITK)
Informasi dini mengenai perekonomian juga dapat dianalisis melalui Indeks Tendensi Konsumen (ITK) yang diperoleh melalui Survei Tendensi Konsumen (STK). Survei ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai situasi bisnis dan perekonomian secara umum yang dapat digambarkan dari kondisi ekonomi para konsumen sebagai pelaku konsumsi terhadap produk-produk barang dan jasa yang dihasilkan dalam perekonomian. Informasi yang dikumpulkan meliputi pendapatan rumah tangga, pengaruh inflasi, dan konsumsi komoditi-komoditi makanan (ikan, daging, telur, susu, buah-buahan, dan lain-lain) serta bukan makanan (pakaian, biaya perumahan, biaya pendidikan, transportasi, biaya kesehatan, rekreasi, dan lain-lain). Disamping itu dikumpulkan pula informasi mengenai rencana membeli barang-barang tahan lama (rumah/tanah, mobil, TV, komputer, dan lain-lain). ITK juga terdiri dari dua jenis indeks yaitu Indeks Indikator Kini (Current Indicator Index) dan Indeks Indikator Mendatang (Future Indicator Index). Indeks Indikator Kini merupakan indeks komposit dari beberapa variabel yang dapat mengidentifikasi kondisi ekonomi rumah tangga (konsumen) pada saat triwulan berjalan (saat survei) dibandingkan periode triwulan sebelumnya. Sedangkan Indeks Indikator Mendatang merupakan indeks komposit dari beberapa variabel yang dapat mengidentifikasi prediksi kondisi ekonomi rumah tangga (konsumen) pada periode tiga bulan mendatang. ITK Indeks Indikator Kini dan Indeks Indikator Mendatang disampaikan secara rutin kepada publik bersamaan dengan press release PDB triwulanan dalam bentuk Berita Resmi Statistik (BRS).